Hobby yang baru ditemukan.. 'Kanzashi Crafting'

Rabu, 6Januari2016.

Anak-anak sudah pada tidur dari jam 10 tadi. Waktunya meneruskan kembali pembelajaran ku atas hobi yang baru kusukai sebulan terakhir ini.. mempelajari tutorial membuat bunga mawar.

Iya..mawar....
Entah kenapa, sejak pertama kulihat sebuah bros korsase yang terdiri dari pita, mutiara dan renda.. tiba-tiba ada getaran obsesi untuk dapat membuatnya sendiri, dan aku tau, itu pasti mudah. Yakin.
dan ketika ku mulai pencarianku tentang caranya di lembah informasi nya om gugel, aku tau, aku sudah mengikuti naluri ke-mawar-an ku. ahaaa :p

Dan itu sudah kubuktikan, terobsesi pada keinginanku untuk bisa memberikan sesuatu sebagai kenang-kenangan untuk teman-teman di Riau Pos, ketika aku akan pamitan atas resign nya aku dari RPG, aku membuat bros pita renda mutiara untuk mereka. Sebagian agar aku tidak terlalu galau dalam menanti hari terakhir kerja ku di kantor jadi sambil memikirkan ini itu sambil mengerjakan pembuatan brosnya, sebagian juga karena aku ingin membuktikan bahwa aku bisa melakukannya.

Dan..........i did it. ini diaaaaaaa....... heheh:p



Unik juga dalam usahaku untuk mencari cara buat nya. mulai dari 1 tutorial ke tutorial lain yang saling terkait, akhirnya aku mendapatkan kesimpulan bahwa, yang paling penting itu adalah aku harus bisa membuat mawar nya atau hiasan bunganya untuk menjadi variasi inti dari bros itu sendiri. Macam-macam bahan yang bisa dijadikan sarana pembuat mawar, yang pertama ku pelajari adalah:

1. Mawar dari Pita Satin: secara umum mawar dari pita satin ini merujuk pada cara kreasi teknik Kanzashi, yaitu teknik atau cara membuat bunga ala Jepang, yang mana dulunya digunakan oleh para pengrajin di Jepang Kuno sebagai penghias rambut para wanita Jepang, termasuk para Geisha.
Disini cerita lengkapnya: https://en.wikipedia.org/wiki/Kanzashi#History

2. Mawar dari Kain. macam-macam jenis kain bisa dijadikan bunga mawar atau pun bunga-bunga lainnya. Tapi karena konsern ku pada bunga mawar, maka aku fokus pada yang merujuk pada bunga mawar saja.

sebenarnya, tidak terlalu sulit juga belajar membuat mawar-mawar ini, hanya memerlukan sedikit kesabaran dan ketabahan untuk terus membuatnya sampai hasilnya masuk kategori lumayan.

Dan Alhamdulillah, teman-teman juga pada senang untuk menerima nya, meskipun aku hanya sempat membuat sekitar20pcs, dan merasa hasil kreasiku ini belum sempurna, inshaallah teman-teman yang ada dikantor hari itu dan mendapatkan bros-bros korsase ini pada seneng, meskipun tetap ada juga yang bilang kalo salah satu kreasiku yang rendanya hitam dikombinasi dengan mawar pink terang, mengomentari kalo itu warna kampungan.hiyaaa...:p

*****

Comments

Popular Posts