Tribol Pedes Manis

 Assalammualaikumm.. masyaallah.. dah lamaaa banget gag buka ni blog yaaa.. padahal ternyataa.. ada beberapa janji yang musti mommyadith penuhi ni disini... apa ituu... nulis resep2.. hahehe.. :)

kayak iyaa aja ya resep nya mommyadith, padahal kan bekal dari ngeliatin n nyobain resep2 para emak2 atau orang yang sudah lebih dulu nyobain tu resep .. ya kan.. tapi gpp. .. emang gitu lah dinamika nya sebuah resep.. Di lihat, di cobain.. mengalami sendiri proses buat nya dengan kelebihan n kekurangan pengalaman masing2.. pasti lah hasil jadi nya ngga pasti sama dengan resep asal.. tapi resep asal akan selalu menjadi rujukan.. Yaa.. kayak kalo di barat sana disebut nya "Resepi from the Scrath" :))

baik lah.. hari ini mommyadith lagi rajiinn... padahal rajin nya ngga rajin2 kali.. karena pas aja udah megang ikan patin untuk di bumbui n di goreng.. jadi tiba2 muncul inspirasi n power mau eksekusi "Tribol Pedes Manis" yang bahan nya udah mommyadith kumpulin dari kemarin2.. hehehe

Tribol Pedes Manis ini, bener-bener bisa jadi andalan mommyadith loo.. apalagi kalo pas orderan kue lagi banyak.. kala gag sempat masak2 .. Tribol ini langsung jadi Hero... bisa temen makan nasi, jadi cemilan di kala ngga ada yang mau di gigit.. atau jadi topping pas makan yang berkuah..misalnya bakso,dll :)
Abi Adith mahh..doyaann... Javaness banget lah pokok nya.. suka aja ama sesuatu yang pedes n manis gini.. :)

ini resep kira2 by mommyadith yaa... mungkin banyak versi kalo lihat di gugle...  jadi kira2 aja lah.. seingatan rasa yang pernah ada... :)))

Cuzz yuk resep nyaa...

Tribol Pedes Manis 
by Mommyadith

Bahan-Utama:
1 Blok Tempe yang besar (mommnyadith beli yang uk 30x7m) beratnya +/- 700gram - Iris memanjang seperti batang korek api
250 gram Kacang Tanah - bersihkan dengan cara di tampi
100 gram Teri Medan - bersihkan, rendam sekilas pas mau di goreng
50 gram Bawang Merah - iris halus
50 gram Bawang Putih - iris halus

Bumbu:
100 gram Cabe Merah (lebih baik cabe kering)
30 gram Bawang Putih
50 gram Cabe Rawit hijau
1/2bungkus asam jawa - buang biji nya
50 gram gula Merah
Daun Jeruk Purut 15lembar (iris tipis)
Daun Salam 7 lembar
Garam secukupnya (sesuaikan dengan kadar keasinan ikan teri)
air panas 3sdm
Minyak untuk menumis secukup nya

Cara Membuat:

- Goreng sampe kering tempe, tes cicip 1 irisan tempe, bila terasa sudah kering n garing, angkat, tiriskan minyak nya - sisihkan.
- Goreng kacang tanah sambil sesekali terus di aduk perlahan dengan sendok goreng agar tidak gosong, dengan api sedang, tes cicip 1 butir kacang, bila sudah empuk dan mateng, angkat, tiriskan minyak - sisihkan.
- Goreng ikan teri, caranya sama dengan diatas, angkat - tiriskan.
- Goreng bawang merah dan bawang putih sampe kering (jaga jangan sampe gosong ya)

- Giling halus semua bumbu kecuali daun - daun, tambahkan air panas. aduk rata.
- Tumis bumbu halus dengan 5sdm minyak makan, aduk-aduk, lalu masukkan irisan daun jeruk purut, lalu daun salam. aduk rata sampe cabe kliatan matang dan agak pekat.
- Kecilkan api kompor, masukkan semua bahan kering yang sudha di goreng tadi, tempe, kacang tanah goreng, ikan teri dan bawang goreng.
- Aduk rata, koreksi rasa. seimbang antara gurih, pedas dan manis nya. bila kurang manis bole tambahkan kecap.
- Tribol Pedes Manis ~ ala Mommyadith - siappppp untuk di santap, atau di packing untuk persediaan.


Cobain yaa...
Semoga Bermanfaat.. :)

Comments

Popular Posts