Happy Anniversary 15th of My Career at Riau Pos Group


“Aku ingin menuliskan surat pengunduran diri ku dengan bahagia”.

Ya..aku memang bahagia, karena  pada tanggal ini 1 desember 2015 – dari  1 desember 2000, genap sudah 15 tahun aku berkarir dan mengabdi di Riau Pos Group ini.

Perusahaan penerbitan Koran dan percetakan, yang ketika aku bergabung saat itu baru saja memulai upgrading level-nya, dari tingkat Koran lokal menuju Koran lokal yang menasional, dan meresmikan dirinya sebagai sebuah group besar yang meliputi Riau, Batam (Kepri), Padang (Sumbar) dan wilayah Sumbagut (Sumut/Medan & Aceh).

Hari ini lah momentumnya, di usia karir 15tahun yang indah ini. Banyak suka duka dan indahnya pengalaman selama bekerja disini, kesempatan untuk mendampingi orang besar - sebagai Asisten orang No.1 di group ini, bapak Rida K Liamsi, sang maestro lahirnya group besar ini, kesempatan untuk belajar lebih banyak dari para pimpinan yang silih berganti mengepalai macam-macam jenis anak perusahaan dan usaha, kesenangan untuk bisa mengerti bahwa dunia itu luas, bisa bepergian dalam dinas yang meliputi berbagai kota di Indonesia, bahkan wisata ke luar negeri.

Semua itu, menjadikan aku hari ini. Ingin hati selamanya bisa bergabung dan pensiun tua di perusahaan ini, namun, aku juga punya cita-cita untuk mengembangkan sayap ku sendiri. Selama ini sayap-sayap halus itu sudah terbentuk dan memperjelas ukiran bulu-bulu nya. Bila tidak segera di kepakkan, aku kawatir sayapku hanya jadi penghias  tak berdaya saja. Aku sudah ingin mengepakkan sayapku, melatihnya langsung dari mencoba terjun dari atas pohon. Aku yakin kepakku akan bisa kugerakkan dan mengibas lantang, meski mungkin ada kemungkinan melayang turun sejenak, tapi aku pasti bisa mengendalikannya untuk segera mengepak, melayang naik dan terbang di antara awan-awan cumulus di atas sana.
Eaahh..kenapa aku jadi agak-agak berpuitis gini yaa.. haha. Yah seperti itu aku merasakan semua yang terjadi ini. 


Aku menemukan SK pertamaku yang dibuat kak ani 15 tahun yang lalu.

Membongkar laci-laci lemari dokumen di kamar ku, membuka folder demi folder yang ada.. kutemukan bundle ijazah ku dari TK,SD,SMP,SMA sampai Ijazah Kuliah, terlihat lagi Piagam-piagam penghargaan dan sertifikasi atas keikutsertaan dan keaktifanku pada berbagai Pelatihan dan Sertifikasi selama ini. Menemukan kembali surat-surat lama, bundle-bundel penerbitan kartu kredit dan berkas perjanjian kreditku di Bank. Tapiii yang ku ingin kan belum kutemukan!

Berarti bukan di laci ini. Tidak ada lemari lain. Pasti disini. Dannnnn setelah membongkar berkas dibagian atas dilaci pertama..hoopplaa..keningku langsung berkerut senang, aku menemukan SK yang kucari, SK pertama yang kuterima dari Riau Pos Group, yang menyatakan aku adalah karyawan Biro Direksi, Kabag, Public Relation Riau Pos Group. Kak Ani Sumnini waktu itu yang membuatnya, ditandatangani langsung oleh Pak Rida, yang waktu itu adalah CEO group ini.

Menjelang pengunduran diriku ini, aku merasa belum lengkap bila belum menemukan dokumen SK Pertama ku ini, yang mana didalamnya terdapat bukti autentik,bahwa aku sah bergabung di Riau Pos Group ini pada  tanggal 1 Desember 2000. Bukti sah bahwa aku memang layak untuk mengatakan bahwa aku sudah 15tahun disini. Waktu yang relative lama, namun aku masih bisa mengingat kejadian tahun demi tahun, moment demi momen di sepanjang waktu ini. Cita-cita ku ingin bekerja di perusahaan besar, menjadi sosok yang penting disana, dan punya penghasilan yang baik. 

Semuanya terlaksana.

Semuanya tercapai.

Buktinya aku bisa punya kehidupan yang baik sebagai wanita muda yang punya pribadi baik dan mandiri, aku bisa cukup lumayan membantu orang tua dan keluarga ku. Aku bahkan mampu menjadi investor untuk calon pendampingku (saat itu, tapi ngga jadi) untuk membangun usahanya yang kenapa aku bersedia membantunya, karena bidang usaha itu aku pahami dan bahwa itu akan menjadi usaha keluarga kami kedepannya (bila jadi menikah – tapi kan ngga jadi*). Hehe.
*Yupp..someday, akan kubuat tulisan terpisahlah tentang itu…

2008 lalu, aku bertemu dengan seseorang yang memang pantas aku dampingi, seseorang yang mempunyai cita-cita yang besar dan kemauan keras yang aku kagumi. Dan dia yang kerendahanhatinya membuatku yakin untuk berjalan berdampingan bersamanya, merakit cita—cita nya, yang anehnya, aku juga merakit cita-cita yang sama anehnya dengan dia mengenai cita-cita itu.

Jadi disinilah kami, aku – dia yang saat ini sudah menjadi suamiku, dan 2011 lalu, Alhamdulillah disempurnakan oleh Allah dengan seorang anak laki-laki, plus seorang anak perempuan di awal 2014 lalu. Kedua balita ini, juga membuatku resmi punya career lagi, yaitu, jadi Ibu anak-anakku.
Renunganku panjang… tidak hanya dulu, kini, tapi juga nanti………………

Lantas, setelah semua itu, aku merasakan semangat dan bahagia bersamaan. Aku bahagia aku bisa memutuskan untuk pensiun di ulang tahun ke 15 tahun karir ku di Riau Pos Group ini. Aku semangat dan bahagia mereka-reka rencana yang akan segera kujalankan. Aku terutama bahagia, bisa mendapatkan waktu yang penuh untuk anak-anakku, telah terbayang untuk bisa mengantarkan mz adit ke sekolah TK nya, menungguinya bila dia belum mau ditinggal. Sambil aku bermain dengan ameera di halaman sekolah TK itu.  
Bebas mengatur waktu untuk ‘me time’ ku. Yang mana selama ini aku benar-benar seperti merasa kekurangan waktu antara mengurus keluarga dan anak-anak dengan waktu kerjaku.

Ini hanya masalah diriku, masalah pilihanku. 

Aku senang dan bahagia, telah sampai pada hari ini.

Happy Anniversary 15th of My Career at Riau Pos Group

 *****
Pekanbaru, 1 Desember 2015.

Comments

Popular Posts