Chocolate Moist AvocadoCream Layer Cake

Assalamualaikum... Weekend Cake... (Minggu lalu ini yaa😀😀)
Chocolate Moist AvocadoCream Layer Cake
Pengen banget nyicipin sesuatu yg creamy dan chocolaty.. Mikir sekilas.. Tringgg.. Jadilah.. 🍫🍫Chocolate Moist AvocadoCream Layer Cake🍐🍐🍨🍧🍰
Padahal ngga sekilas juga mikirnya.. hehe. disesuaikan ama bahan-bahan yang ada di lemari persediaan. Nemu Alpukat mentega yang belum di jadiin jus alpukat..masih ada DCC dan masih ada WP..tetiba kebayang lah yang creamy creamy dan nyoklat gitu..:)
So, Inti nya cake ini..kayak makan alpukat cream dengan cake coklat yg lembut..dan lelehan coklat lumer.. Gitu lah kira2..
*source cake for inspiratio dari berbagai sumber di FB/IG
*untuk Mayasari Kamal- temen SD ku yang minta resep nya.. ini yaaa... (ala aqu ya.. hehe)
Chocolate Moist AvocadoCream Layer Cake
Sebenarnya, versi cake alpukat ini, banyak banget ya .. terutama versi dessert yang ngetrend dengan nama Browkat (Brownis Alpukat), yang cake dasar nya di pakein Brownis Coklat, dengan lapisan cream avocado ini, dimana penyajiannya menggunakan wadah wadah plastik kecil, jadi lebih ringkas pas makannya.
Tapi, mommyadith pengen buat yang pake loyang aja.. biar nge-cake... heheh
dann.. benar lah.. Alpukat itu emang passs banget ama Coklat yaaa.. lumer maksimal pas dimakan, karena emang pake Whippy Cream yang dairy.. Niat hati mau makan 2 iris saja, ehh nyambung terus jadi 3.. dan jadi 4.. dann..harus langsung di masukkan kulkas lagi biar selamat sampe hari berikut nya.. hahha..

Chocolate Moist AvocadoCream Layer Cake.

Mengingat mommyadith ngga terlalu suka tekstur Brownis yang rasa keset..jadi mommyadith pake cake dasar nya Cake Chocolate moist ya.. dan di kukus.. karena hasilnya akan lebih moist ngga kering.. sehingga pas penyelesaian juga tidak diperlukan simpel syurup untuk olesan cake ya..jadi bisa langsung lapis dengan cream nya.

Berikut Resepnya... 
Chocolate Moist AvocadoCream Layer Cake
Rebake by. mommyadith

Bahan Cake Chocolate Moist
180 gram butter
200 gram gula kastor
200 gram susu evaporated   -- (aq pakai Susu Cair UHT Plan)
2 butir telur, kocok lepas
100 gram tepung protein sedang
50 gr coklat bubuk
1 sdt teh kopi instan
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat Cake Moist.
Campur dalam panci, susu, butter, gula, dan vanili. Panas kan di kompor, sampai semua bahan, terutama gula meleleh. Jangan sampai mendidih ya.. matikan api. Angkat dan biarkan sampai hangat.
Tuangkan sedikit - sedikit ke dalam mangkok besar yang berisi telur yang sudah di kocok lepas, aduk rata dengan wisk. Tambahkan kopi instan, aduk rata.
Masukkan bahan tepung yang sudah di ayak (terigu, coklat bubuk, baking powder dan soda kue), aduk rata dengan cara aduk lipat.
Tuang dalam loyang bulat, diameter 20 cm atau 18 cm (alas dengan kertas roti). kukus selama 45 menit jangan lupa kukusan nya di alas dengan kain supaya air uap tidak menetes di atas cake.
Angkat, dinginkan. 

AvocadoCream
500 gr daging buah alpukat (bagian hijau nya jangan ikut terbawa, bisa pahit)
125 gr gula pasir
100 ml susu cair

20 gr halal gelatin
50 ml air

300 gr krim kental

Chocolate Ganache
150gr DCC (Dark Chocolate Cooking) --- (Cholata)
75 gr krim kental/whip cream dairy  ---- (aq pakai WP Elle & Vivere)
1sdt butter

Cara Membuat.
1. Hangatkan krim kental (jangan mendidih), matikan api. Masukkan potongan DCC, aduk perlahan sampai coklat meleleh dan licin. Tambahkan butter. Aduk rata.
2. Campurkan halal gelatin dengan air dingin, aduk rata. Tim sampai mengembang. Sisihkan.
3. Avocado Cream: Blender Alpukat, gula pasir, susu cair. Campurkan dengan gelatin yang sudah mengembang. Aduk rata.
4. Mixer krim kental sampai mengembang. Jangan overmix, karena krim kental dairy rawan pecah. Ambil 1/3 adonan cream avocado, campurkan dengan krim kental, aduk balik sampai rata, baru tuang kan sisa creamavocado, aduk balik sampai rata.
5. Untuk memudahkan penyelesaian cake, masukkan cream ke dalam plastik segitiga.


Penyelesaian. 
1. Belah melintang cake jadi 2 lembar, masukkan 1 lembar cake dalam ring mika yang disesuaikan ukuran nya dengan lingkar cake.
2. Semprotkan 1/2 adonan Cream ke atas lembar cake pertama, ratakan. 
3. Letakkan kembali cake ke 2, ratakan permukaannya, lalu semprotkan lagi sisa cream avocado ke permukaan lembar cake ke ini. ratakan. 
4. Tuangkan Chocolate Ganache.
5. Masukkan ke freezer minimum 2 jam. 

Penyajian.
Keluarkan cake dari Freezer, hias sesuai selera, atau ayakkan 1 sdm coklat bubuk di atas nya.

Semoga bermanfaat.:)


Comments

Popular Posts