Plus minus anak balita bisa cepat membaca

Punya anak yang masih 4 tahunan udah bisa membaca, gimana ya rasanya.
Saya mau share yang saya rasakan nih, sejak mz adith bisa membaca sendiri di bln des 2015 lalu. Ternyata setelah mengalami nya hampir setahunan ini (tahun 2016 ini mz adith udah mau 5th), saya rasa ada plus minus juga loh. Apa aja sih... ini dia:

1. Plusnya... Pertama pastinya yaa senang yaa.. Anak masih cilik banget ini koq yaa udah bisa baca-baca.
Jadi semangat beliin buku anak-anak ataupun majalah kreatif anak TK. Yang paling sering tuh beli Majalah Kreatifitas Mombi bukan Mombi SD, isinya bener-bener pas buat anak 4 - 5 tahun gitu.
Trus juga bisa ngajakin mz adith Lomba cepat-cepatan baca dan gantian nebak baca merk-merk toko atau bilboard-bilboard besar di jalan atau tulisan di warung-warung gitu. Jadi nya mz adith lebih cepat nangkap gerakan huruf karena kan pas mau berusaha baca suatu tulisan di Ruko gitu sambil juga mobilnya jalan terus, jadi dianya harus bisa cepat baca nya.

2. Maz Adith jadi lebih bisa menikmati cerita di Majalah, alias baca sendiri. Meski awalnya dia baca yang judul-judul besarnya aja. Tapi makin menjelang 5 tahun ini, dia udah bisa baca cerita utuh nya sendiri. Trus dia juga suka baca tulisan yang rada-rada sulit ejaannya, kalo berhasil trus jadi seneng gitu dia nya.

3. Minusnya yaa.. saya jadi wanti-wanti kalo dia nonton tv. Kalo masih tayangan TV Disney Junior atau BabyFirstTV masih ngga masalah, malah dia jadi banyak kosa kata englishnya untuk diucapkan setelah dia bisa bacanya. Tapi berhubung emaknya ini juga fans berat Drakor (*red: Drama Korea), akhir-akhir ini jadi terpaksa membatasi nonton drakor soalnya dia udah bisa ikutan baca teks subtitel drakor tersebut. Takutnya bila ada kata-kata yang kelas berat kayak kata 'membunuh, fitnah, dll kata yang jelek gitu' dia juga ikut baca yang belum waktu nya dia untuk tau.

4. Mas Adith di sekolah TK nya jadi bosenan gitu...(???). Apakah ini termasuk minus atau plus, saya blum bisa memutuskan ya.. Karena udah 2 minggu belakangan ini ngga mau sekolah. Pastinya sebabnya ngga satu aja ya, emang dasarnya dia anaknya aktif, terus ngga suka berada diruangan tertutup dan setelah saya tanya-tanya ama gurunya di kelasnya masih menghafal huruf-huruf abc gitu.. dan angka-angka 1-10. Jadi dia sering keluar kelas...dan maen di ruangan guru administrasi. hehe.

Kesimpulan sementara saya sih dia bosen karena kurang cukup menantang untuk dia kali. Soalnya ada guru kelas sebelahnya suka nyapa mz adith pakai bahasa inggris gitu.. misalnya, "halo adith, how are you today"... atau .."adith, do you wanna play puzzle?" ehh..aditnya malah minta pindah kelas ke kelasnya bu guru sebelah. tapi cuma bertahan seminggu, abis itu ngga mau sekolah juga... jadi yaa gitu.. udah 2 minggu ini dirumah aja, main sama adek Ameera dan setumpuk buku baru yang ada gambar-gambar dan angka dan abc nya juga. :)

Nah, kira-kira begitu plus minus yang saya rasakan ketika anak udah bisa membaca di usia 4 tahun.

Meski demikian, secara keseluruhan sih saya selalu bersyukur, Alhamdulillah, dianugerahi anak yang cukup mampu untuk menyerap info sedemikian cepat di usia dini ini. Meski ada rasa kawatir karena katanya anak-anak balita masih waktunya full untuk bermain, tapi saya harap saya sudah mengarahkan permainannya ke arah yang lebih bermanfaat dan sesuai sikon yang saya hadapi dalam mengasuhnya.

Doa miu untuk Adith:
Ya Allah, jadikan lah ilmu membaca yang diserap anakku dari saat ini, membawa keberkahan baginya selalu ya Ya Allah. Aminnn...

*****

Comments

Popular Posts